Sterilisasi Disinfektan Ternak

Apa Itu Biosecurity

Biosecurity berasal dari dua kata yaitu bio (artinya : hidup) dan security (artinya: pengamanan atau perlindungan).  Kata biosecurity secara harfiah dapat bermakna pengendalian atau pengamanan terhadap makhluk hidup. Di dalam dunia peternakan biosecurity adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mencegah penyakit masuk ke peternakan atau menyebar diluar lingkup peternakan. Prinsip tindakan ini adalah memisahkan ternak dengan bibit penyakit atau sebaliknya.

Tujuan Bio Security

Tujuan dari biosecurity adalah mencegah semua kemungkinan penularan dengan peternakan tertular dan penyebaran penyakit. Penerapan biosecurity pada seluruh sektor peternakan, baik di industri perunggasan atau peternakan lainnya akan mengurangi risiko penyebaran mikroorganisme penyebab penyakit yang mengancam sektor tersebut. Meskipun biosecurity bukan satu-satunya upaya pencegahan terhadap serangan penyakit, namun biosecurity merupakan garis pertahanan pertama terhadap suatu penyakit.

Penerapan Bio Security

Penerapan biosecurity di lingkup peternakan meliputi :

  • Biosecurity Karyawan

Setiap karyawan yang hendak memasuki peternakan wajib memasuki ruang semprot/spray desinfektan sebelum memasuki peternakan. Karyawan yang masuk ke kandang harus mengganti baju lengkap dengan seragam, sepatu boot dan masker yang digunakan khusus di area peternakan.

  • Biosecurity Tamu

Tamu yang masuk ke kandang harus mengganti baju lengkap dengan seragam, sepatu boot dan masker yang digunakan khusus di area peternakan. Tamu yang masuk kandang melewati biosecurity spraying dan harus melakukan celup kaki dan cuci tangan di tempat desinfektan kandang.

  • Biosecurity Kendaraan

Petugas keamanan/security menyemprotkan larutan desinfektan ke ban dan bagian bawah kendaraan atau kendaraan yang akan masuk ke peternakan tersebut harus melewati bak dipping kendaraan

  • Biosecurity Barang

Setiap barang apapun yang akan memasuki area peternakan harus di lakukan sanitasi (desinfeksi/fumigasi/disinari lampu ultra violet)

  • Biosecurity Kandang Dan Peralatan

Desinfeksi kandang dan peralatan dilakukan secara berkala dan/atau setelah selesai digunakan. Selain itu, juga dilakukan desinfeksi terhadap lingkungan sekitar kandang secara berkala dan/atau sewaktu-waktu sesuai kebutuhan

  • Biosecurity Ternak

Setiap ternak yang baru masuk ke lokasi peternakan, ditempatkan di kandang karantina/isolasi terlebih dahulu selama 14 hari dan terus dilakukan pengamatan yang intensif adanya gejala penyakit. Jika saat dilakukan pengamatan didapatkan hewan dengan gejala klinis suatu penyakit, segera dilakukan pemisahan dan dimasukkan di kandang isolasi dan ditangani lebih lanjut oleh petugas kesehatan hewan perusahaan dan juga dilaporkan kepada Dinas Peternakan setempat

SUMBER :

  • Direktorat Jenderal Peternakan. 2005.┬áBagaimana Terhindardari Flu Burung (Avian Influenza). Jakarta.
  • Kementrian Pertanian. 2022. Mengenal penyakit mulut dan kuku (PMK). KEMENTAN-Leaflet PMK-seri 1.

Comments are disabled.