Nafsu Makan Kambing Menurun? Tingkatkan Dengan Suplemen Jamu

Merawat kambing dianggap sebagai salah satu kegiatan yang membutuhkan perhatian ekstra karena kambing terkadang tidak nafsu makan. Kambing yang tidak nafsu makan seringkali disebabkan karena kurangnya nutrisi dalam tubuhnya. Ketahui apa saja penyebab nafsu kambing menurun dan bagaimana mengatasinya berikut ini:

Penyebab Nafsu Makan Kambing Menurun

1. Dehidrasi

Salah satu penyebab utama kambing tidak mau bangun saat sakit adalah dehidrasi karena kambing yang mengalami dehidrasi bisa mati dengan cepat jika tidak dirawat dengan baik. Bahkan kambing yang mengalami dehidrasi membutuhkan bantuan untuk bertahan hidup.

Untuk itu, ketika Anda mencoba memberi makan kambing Anda yang sakit sebaiknya sertai juga dengan hidrasi yang baik. Ingat bahwa kambing membutuhkan setidaknya tiga gallon air per hari.

2. Rumen tidak sehat

Rumen yang sehat sangat penting untuk kambing agar bisa mencerna dengan baik. enzim pencernaan di abomasum dan usus halus tidak bisa menguraikan serat dengan baik kecuali telah disiapkan oleh mikroorganisme rumen.

Penting untuk Anda pahami bahwa beberapa makanan kambing seperti alfalfa hijau segar akan membuat gas yang menciptakan gelembung-gelembung kecil yang terperangkap dalam cairan rumen yang membuat nafsu makan kambing menjadi terganggu.

3. Parasit

Banyak sekali parasite internal yang mempengaruhi kondisi kambing yang salah satunya seringkali berdampak pada nafsu makan kambing. Kebanyakan parasite akan meminum darah dan menempel di dalam tubuh kambing yang membuatnya sulit bergerak.

Beberapa kasus kambing yang tidak nafsu makan disebabkan oleh parasite yang menempel sehingga kambing kehilangan nafsu makan bahkan menyebabkan anemia.

Suplemen Penambah Nafsu Makan Kambing

Kambing yang tidak nafsu makan bisa berbahaya untuk kesehatannya. Untuk itu, beberapa orang menyarankan untuk memberikan suplemen jamu yang bisa berdampak pada peningkatan nafsu makan. Nah, salah satu suplemen jamu yang ternakgemuk rekomendasikan yaitu Premix Master Gemuk.

Dengan kandungan multivitamin, mineral ditambah herbal membuat ramuan Master Gemuk memiliki palatabilitas (disukai ternak) yang bagus. Sehingga dapat meningkatkan nafsu makan ternak.

Selain itu, Master Gemuk juga dapat meningkatkan stamina ternak karena feed suplement berkualitas dan seimbang. Apalagi terdapat kandungan herbal yang aman dikonsumsi hingga jangka panjang tanpa efek samping bagi ternak.

Jadi, bagi peternak yang memiliki permasalahan kambing/ dombanya yang nafsu makannya turun atau bahkan tidak mau makan, berikanlah jamu tambahan Premix Master Gemuk. Pemberiannya tinggal menambahkan/ menaburkan ke atas makanan/ pakan jadi. Adapun dosisnya sebagai berikut:

  • Untuk Sapi Anak : 20-30g/ekor/hari (campurkan dengan susu)
  • Untuk Sapi Dewasa : 30-60g/ekor/hari (taburkan di atas makanan)
  • Untuk Sapi Perah : 50-100g/ekor/hari (taburkan di atas makanan)
  • Untuk Kambing & Domba : 10-20g/ekor/hari (taburkan di atas makanan)
  • Untuk Campur Pakan : 1Kg setiap 200Kg pakan jadi

Yuk buat kambing bernafsu makan tinggi dengan jamu premix Master Gemuk. Untuk konsultasi lebih lanjut dapat menghubungi Whatsapp kami yang tertera di website ternakgemuk.com.

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *