Menjaga Kesehatan Ternak Sapi, Seberapa Penting?

Tahukah Anda sebagai peternak sapi, salah satu hal terpenting yang wajib Anda perhatikan adalah menjaga kesehatan hewan ternak Anda, dalam hal ini adalah ternak sapi. Tentu, tujuan dari memperhatikan kesehatan ternak sapi adalah agar sapi Anda nantinya bisa memberikan kualitas daging yang optimal serta terhindar dari berbagai penyakit yang ada.

Tidak sedikit peternak sapi yang masih awam dengan hal ini dan mengabaikannya. Perlu Anda catat bahwa jika kesehatan sapi Anda bermasalah, hal terburuk yang mungkin terjadi adalah kematian. Tentu itu akan membuat Anda rugi besar. Oleh karena itu menjaga kesehatan ternak sapi adalah hal yang sangat penting.

4 Hal Penting Untuk Menjaga Kesehatan Sapi

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan agar kesehatan sapi selalu terjaga? Ada 4 hal yang wajib Anda perhatikan, yaitu:

  • Memperhatikan kualitas pakan ternak. Perlu digarisbawahi bahwa kualitas pakan ternak adalah hal utama yang akan mempengaruhi kesehatan sapi Anda. Anda harus tahu apakah sapi Anda perlu tambahan vitamin seperti premiks atau tidak.
  • Menjaga kebersihan kandang. Tidak hanya pakan, menjaga kebersihan area sapi ternak adalah hal penting, yang dimaksud dalam hal ini adalah kandang. Jika kandang sapi Anda kotor, besar kemungkinan sapi Anda akan terkena penyakit. Lain halnya jika kandang sapi Anda selalu bersih.
  • Memberi obat cacing secara rutin. Tidak hanya dua hal diatas, memberikan obat cacing secara rutin juga harus Anda terapkan demi menjaga kesehatan sapi ternak Anda. Hal ini penting karena jika sapi Anda sudah terlanjur terkena parasit cacing, akan sulit untuk diprediksi. Oleh karena itu, memberikannya secara dini akan lebih baik untuk mencegah ternak sapi Anda agar tidak sakit.
  • Memperhatikan Ektoparasit. Apa itu Ektoparasit? Penting bagi Anda para peternak sapi untuk mengetahui hal ini. Ektoparasit adalah parasit yang menempel pada hewan ternak. Tentu ektoparasit ini membawa dampak yang buruk bagi hewan ternak Anda, salah satunya akan mempengaruhi nafsu makan hewan ternak. Oleh karena itu, Anda harus selalu memperhatikan apakah ada ektoparasit disekitar ternak sapi Anda.

Apa yang Terjadi Jika Kesehatan Ternak Sapi Tidak Terjaga?

Banyak pertanyaan yang muncul, bagaimana jika kesehatan ternak sapi tidak terjaga dengan optimal dan apa yang akan terjadi? Jawabannya adalah jika sapi Anda sudah terlanjur sakit, tentu Anda akan mengalami kerugian ekonomi. Apa saja kerugian ekonomi tersebut?

  • Gangguan pertumbuhan (berat badan menurun)
  • Penurunan efisiensi pakan dan nafsu makan
  • Kualitas daging, jeroan, dan kulit juga tentunya menurun
  • Harga jual ternak menurun (karena kualitas sapi yang tidak optimal)
  • Biaya pengobatan meningkat
  • Status reproduksi menurun
  • Zoonosis atau penularan pada manusia
  • Jika sudah parah bisa jadi menyebabkan kematian pada hewan.

Dari beberapa penjelasan diatas tentang 4 hal penting untuk menjaga kesehatan sapi dan apa yang terjadi jika kesehatan sapi Anda tidak terjaga, sudah dipastikan bahwa menjaga kesehatan ternak sapi Anda sangatlah penting untuk mencapai produktivitas yang optimal.

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *